Parts of Manusia Setengah Salmon by Raditya Dika


 
MANUSIA SETENGAH SALMON
Raditya Dika

Hidup penuh dengan ketidakpastian, tetapi perpindahan adalah salah satu hal yg pasti. Setiap kali gue ke airport untuk kerja ke luar kota, gue selalu melihat orang-orang hendak pergi berpelukan dengan keluarga atau pacarnya di depan pintu masuk. Kepindahan mereka membuat orang-orang terdekatnya sedih.

Kalau pindah diidentikkan dengan kepergian, maka kesedihan menjadi sesuatu yg mengikutinya. Kita sering berpikir ini adalah perpisahan sehingga merasa sedih melepas hal-hal yg diakrabi, hal-hal yg lama ini membuat kita senang dan nyaman. Akhirnya melakukan perpindahan ke tempat baru kita dihantui rasa cemas. Apakah akan sama enaknya? Apakah akan menyenangkan? Apakah akan lebih baik?

Padahal, untuk melakukan pencapaian tinggi, kita tak bisa hanya bertahan di tempat yg sama. Tidak ada kehidupan lebih baik yg bisa didapatkan tanpa melakukan perpindahan. Mau tidak mau, kita harus seperti ikan salmon. Tidak takut pindah dan berani berjuang untuk mewujudkan harapannya. Bahkan, rela mati di tengah jaln demi mendapatkan apa yg diinginkannya.

Gue jadi berpikir ternyata untuk mendapatkan sesuatu yg lebih baik, gue gak perlu menjadi manusia super. Gue hanya perlu menjadi manusia setengah salmon: berani pindah.

Leave a Reply

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.